Peredaran Getah Bening, Tonsil, & Kura/Limfa

Peredaran Getah Bening
Getah bening atau limfa adalah cairan tubuh yang susunannya mirip dengan darah. Limfa terdiri atas sel-sel darah putih, fibrinogen, dan keping-keping darah, tetapi tidak mengandung sel-sel darah merah.limfa berasal dari plasma darah sehingga berwarna kekuning-kuningan. Setelah mengedarkan sari-sari makanan, limfa tidak kembali ke pembuluh kapiler, tetapi berkumpul di dalam pembuluh limfa.
Limfa beredar ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfa yang bercabang-cabang sampai ke seluruh bagian tubuh. Percabangan ini makin lama makin halus sehingga menjadi pembuluh kapiler limfa. Ujung pembuluh kapiler limfa terbuka dan tidak bersambungan. Oleh karena itu, peredaran limfa disebut peredaran terbuka. Di sepanjang pembuluh limfa terdapat katup yang menyebabkan aliran limfa hanya menuju ke satu arah, yaitu ke jantung.
Tubuh memiliki dua daerah pembagian limfa, yaitu pembuluh limfa kiri atau dada (duktus torasikus) dan pembuluh limfa kanan (duktus limfatikus dekster). Pembuluh limfa kiri merupakan kumpulan dari pembuluh limfa bagian kiri, yaitu kepala dan leher bagian kiri, tangan kiri, dada kiri, perut dan kaki. Pembuluh limfa kiri bermuara pada pembuluh darah balik di bawah tulang selangka kiri. Pembuluh limfa kanan merupakan kumpulan dari pembuluh limfa bagian kanan, yaitu kepala dan leher bagian kanan, dada bagian kanan termasuk paru-paru dan jantung, dan tangan kana. Pembuluh limfa kanan bermuara pada pembuluh darah balik di bawah tulang selangka kanan.
Pada tempat bertemunya percabangan pembuluh limfa, umumnya terdapat bagian yang membesar yang disebut kelenjar limfa. Pada tubuh terdapat beberapa kelenjar limfa antara lain pada lipatan paha, leher, siku, lutut, dan ketiak, serta di selaput lendir usus.
Kelenjar limfa berfungsi sebagai tempat pembuatan sel-sel darah putih dan menyaring kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Apabila bagian tubuh terluka dan terinfeksi kuman, kelenjar limfa terdekat akan membesar seperti meradang. Hal itu menunjukkan bahwa kelenjar limfa tersebut bekerja mematikan kuman sebelum masuk ke pembuluh darah.
Infeksi cacing filaria dapat menyebabkan penyakit kaki gajah. Cacing filaria yang mati akan menyumbat pembuluh limfa. Akibatnya, terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti telinga, tangan, kaki, dan payudara.
Tonsil
Di dalam tubuh terdapat tiga buah tonsil. Tonsil merupakan satu dari pengumpulan jaringan limfa. Dua buah tonsil terdapat di sebelah kanan dan kiri batang tenggorok yang biasa disebut amandel. Sebuah tonsil yang disebut polip terdapat di dalam rongga hidung. Tonsil bertugas mencegah infeksi lebih lanjut dari bagian tubuh lain karena memiliki kemampuan membentuk sel-sel darah putih. Jika dilewati oleh kuman, misalnya bakteri Streptococcus, yang menuju ke organ lain, tonsil akan aktif mengadakan perlawanan yang ditunjukkan dengan terjadinya pembengkakan pada tonsil tersebut.
Kura atau Limfa
Kura atau imfa adalah organ tubuh yang panjangnya lebih kurang 10 cm di dalam rongga perut sebelah kiri atas. Limfa berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah putih atau antibodi, tempat membunuh kuman, tempat penimbunan darah, dan tempat pembongkaran sel-sel darah merah yang telah mati atau rusak.

Comments

Popular posts from this blog

Vesikula Seminalis

Something About -PENGUIN-