Peredaran Darah

Pada waktu serambi jantung mengembang, darah yang berasal dari pembuluh balik masuk ke jantung. Jika kedua serambi menguncup, darah akan menuju ke bilik. Pada waktu kedua bilik menguncup, darah keluar dari jantung menuju ke pembuluh nadi yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh dan paru-paru. Darah yang menuju ke seluruh tubuh akhirnya kembali ke jantung melalui pembuluh balik. Darah dari seluruh tubuh masuk ke jantung melalui serambi kanan, kemudian ke bilik kanan. Darah dari bilik kanan menuju ke paru-paru. Setelah mengikat oksigen, darah dari paru-paru mengalir kembali ke serambi kiri jantung. Darah dari serambi kiri masuk ke bilik kiri dan keluar lagi menuju ke seluruh tubuh. Dengan demikian, peredaran darah pada tubuh manusia dapat disebut peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda.
Peredaran darah rangkap dibedakan menjadi peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Peredaran darah kecil (peredaran darah pendek) atau sirkulasi pulmonalis adalah peredaran darah yang dimulai dari bilik kanan jantung menuju ke paru-paru dan akhirnya kembali ke serambi kiri jantung. Peredaran darah besar (peredaran darah panjang) atau sirkulasi sistematik adalah peredaran darah yang dimulai dari bilik kiri jantung menuju ke seluruh tubuh, kemudian kembali lagi ke serambi kanan jantung.
Di samping itu terdapat aliran darah yang khusus menuju ke jaringan jantung, disebut sirkulasi koronari. Peredaran darah ini memberikan zat makanan dan oksigen ke jantung dan mengangkat zat-zat sisa dari jaringan jantung.

Comments

Popular posts from this blog

Peredaran Getah Bening, Tonsil, & Kura/Limfa

Vesikula Seminalis

Something About -PENGUIN-